Laman

Senin, 16 April 2018

5 Fakta Menarik Yang Wajib Kamu Ketahui Mengenai Qlapa.Com “Rumahnya Produk Handmade Indonesia”




Indonesia adalah negara kepulauan yang terbentang dari sabang di Nanggro Aceh Darussalam sampai merauke di tanah Papua. Di dalamnya, berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia terdapat kurang lebih 1.331 suku dengan beraneka ragam budaya dan Bahasa. Suku Jawa merupakan suku terbesar dengan proporsi 40,05% dari penduduk Indonesia dan posisi kedua adalah suku Sunda dengan proporsi 15,50% serta suku – suku lainnya memiliki proporsi di bawah 5% dari penduduk Indonesia.

Salah satu dampak dari beraneka ragam suku yang ada di Indonesia ini adalah adanya hasil karya seni berupa kerajinan tangan yang beraneka ragam menyesuaikan dengan budaya mereka masing – masing.
Dan tidak jarang, produk kerajinan tangan kerap menjadi salah satu incaran wisatawan ketika berkunjung ke suatu destinasi wisata tertentu sebagai cindera mata khas daerah tersebut. Namun, seiring dengan persaingan global yang semakin pesat serta kemajuan teknologi yang semakin tinggi, kebutuhan akan suatu barang kerajinan tangan khas daerah tertentu saat ini sudah bisa didapatkan dengan mudah bahkan tanpa harus berkunjung ke daerah tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Qlapa.com.

Qlapa.com adalah situs marketplace online khusus untuk produk handmade buatan para pengrajin asal Indonesia. Menurut Benny Fajarai, CEO dan Co-founder Qlapa.com yang dikutip dari Kompas tanggal 25 November 2015, perusahaan rintisan digital (startup) ini didirikan untuk membantu membenahi industri kerajinan tangan di Indonesia. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai bisnis startup di bidang industri kerajinan tangan ini, berikut penulis paparkan 5 fakta menarik mengenai situs marketplace online Qlapa.com:

1. Menyediakan Berbagai Jenis Kerajinan Tangan Dari Berbagai Daerah


Qlapa.com saat ini menyediakan berbagai jenis kerajinan lokal yang berasal dari hampir seluruh wilayah di Indonesia seperti “Tas Citra” dari Nanggro Aceh Darussalam, "Madu Hutan" dari Flores, “Rok Tenun Antik” dari Kalimantan hingga “Eunike” dari tanah Papua. Kerajinan dan makanan khas dari berbagai daerah ini tentu akan menambah wawasan dan kecintaan kita terhadap produk lokal yang ada di dalam negeri.


2. Menyediakan Berbagai Jenis Kerajinan Dengan Berbagai Macam Kategori

Qlapa.com juga menyediakan berbagai jenis kerajinan tangan dengan berbagai macam kategori mulai dari pakaian, perhiasan, aksesoris, peralatan rumah dan dekorasi, gadget dan peralatan, berbagai makanan dan minuman khas daerah serta alat – alat perawatan dan kecantikan bagi kaum wanita. Berbagai macam kategori ini tentunya akan memudahkan konsumen dalam mencari dan menentukan produk yang diinginkan.


3. Gratis Ongkir Selamanya

Qlapa.com saat ini menyediakan fasilitas free ongkir selamanya bagi konsumen yang melakukan transaksi minimal Rp 300 ribu dengan maksimal subsidi ongkir Rp 35 ribu untuk setiap transaksi. Hal ini tentu saja menjadi tawaran menarik bagi konsumen yang ingin membeli kerajinan tangan yang ada di situs marketplace online Qlapa.com.


4. Jaminan Uang Kembali


Salah satu kendala yang sering dialami konsumen ketika memutuskan untuk berbelanja secara online adalah masalah keamanan dalam melakukan transaksi. Adapun bentuk kecurangan yang seing terjadi adalah barang fiktif artinya barang tidak sampai kepada konsumen ataupun barang diterima dalam keadaan rusak ketika sampai di tangan pembeli. Untuk mencegah hal tersebut, maka Qlapa.com memberikan jaminan uang kembali jika barang tidak sampai ke tangan konsumen ataupun rusak ketika diterima sehingga konsumen tidak akan merasa rugi jika hal tersebut terjadi. Layanan ini tentu akan menambah rasa percaya pembeli terhadap penggunaan suatu situs marketplace online Qlapa.com ini.


5. Menggandeng Para Pengrajin Lokal


Sebagaimana diungkapkan oleh CEO Qlapa.com di atas, bahwa situs marketplace online ini diciptakan untuk memudahkan para pengrajin lokal yang ada di seluruh nusantara untuk menawarkan produk yang dimiliki untuk meningkatkan nilai penjualan mereka. Sehingga jika kita melakukan transaksi di situs Qlapa.com, maka secara tidak langsung kita telah membantu meningkatkan industri kerajinan lokal produk dalam negeri.


Demikianlah lima fakta menarik tentang Qlapa.com. Yuk tingkatkan transaksi kita untuk membeli produk kerajinan tangan dalam negeri.

“Ingat Kerajinan Tangan Lokal, Ingat Qlapa.Com”

39 komentar:

  1. Wah artikel yang informatif. Semenjak tau ada Qlapa.com, saya langsung pengen belanja di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih firdi,,, yukk cintai produk kerajinan dalam negeri dengan berbelanja di Qlapa.com

      Hapus
  2. Informasi yang bermanfaat sekali. Sy jdi tertarik belanja di Qlapa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ifid,,, yuk lihat - lihat produknya di Qlapa.com

      Hapus
  3. situs belanja yg menarik karena menjual barang handmade serta aman..

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Yappzzz,,, betul sekali mega,,, karena Qlapa.com selain menawarkan produk yang bervariasi juga menawarkan kemudahan serta kenyamanan dalam bertransaksi :)

      Hapus
  5. Wah kerajinan tangan. Mengangkat kearifan lokal nih, bagus😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali dek,,, jadinya ini juga cocok untuk para pengusaha kerajinan yang ada di Lombok khususnyaa,, yuk bantu promosikan Qlapa.com ke para pengrajin yang ada di sekitarnya.. hehe

      Hapus
  6. baru tau ada situs yang menjual produk khusus kerajinan lokal, keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk intip produknya di webnya langsung dek,,, banyak pilihannya lho,,, apalagi untuk perempuan :D

      Hapus
  7. Wah, informasi yang bermanfaat banget

    BalasHapus
  8. Baru tau😁
    Makasih artikelnya.

    BalasHapus
  9. Wahh artikelnya mantap bang, terthe best memang tutor yg satu ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,, terima kasih dek,,, doakan,, masih terus belajar soalnya

      Hapus
  10. Waah keren nih ternyata ada beginian❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapzz,,, yuk intip produknya di Qlapa.com dek :)

      Hapus
  11. Artikelnya keren sekali,,
    Bakal bermanfaat nih buat banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,,, semoga bisa seperti itu :)

      Hapus
  12. Bagus artikelnya kak bermanfaat banget👍👍

    BalasHapus
  13. Indonesia memang kereen ☺

    BalasHapus